Doa yang termakbul




Dari Salman Rhadiallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya Rabbmu Pemalu dan Pemurah, Dia akan malu terhadap hamba-Nya bila ia mengangkat tangannya kepada-Nya lalu Dia mengembalikannya dengan tangan kosong.”


Riwayat Imam Empat selain Nasa’i. Hadits shahih menurut Hakim.


Doa yang disertai dengan perbuatan (usaha) yang maksimal akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan dan mencegah terjadinya peristiwa buruk.


Doa dianalogikan sebagai anak panah yang sudah terentang di busurnya pada sepertiga penghujung malam. Anak panah itu akan melesat ke arah sasaran yang telah ditentukan dan waktu yang telah ditetapkan. Walau dalam gelap malam, anak panah itu tak akan pernah meleset sedikit pun dari sasarannya. Dia datang pada saat yang telah ditetapkan tanpa bisa diundur atau dimajukan walaupun hanya sedetik.


Jadi ketika doa telah diapungkan, maka telah terentang pula anak panah pada busurnya. Hanya saja untuk menentukan kapan dan sasaran mana yang hendak dituju, semua itu adalah kebijaksanaan Allah Subhannallahu wa Ta’ala. Sebab, Dialah yang paling mengetahui segala kebutuhan yang baik bagi makhluk-Nya.


Sebagai hambaNya, manusia hanya perlu keyakinan kelak doa itu akan dikabulkan. Dan, jangan pernah lelah untuk selalu memanjatkan doa. Kelak ketika semua doa itu dikabulkan, maka semua permintaan kita akan mengalir deras bak air hujan. Bak anak panah yang lepas dari busurnya, melesat cepat dan tepat sasaran.


Perbagai peristiwa yang dialami para sahabat Rasulullah SAW ketika menghadapi kesulitan atau saat memiliki keinginan untuk mewujudkan sesuatu. Misalnya, saat menghadapi penguasa yang zalim, menghadapi pertempuran dahsyat dengan musuh, dan mengalami cubaan dalam hidup.


Namun sekiranya kita merasa doa kita belum terkabulkan…


Tentu kita harus bermuhasabah , sebab apa doa kita belum terkabulkan.


Berdoa dengan hati yang khusyuk merupakan syarat pertama diterimanya doa.


Sebagaimana hadis Rasullulah SAW :


Berdoalah kalian kepada Allah dengan meyakini bahawa doa itu akan dikabulkan.Dan ketahuilah sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan doayang keluar dari hati yang lalai atau lupa.


0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts with Thumbnails
© 2009 - menuju perubahan | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top